• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

BEBERAPA SUNAT WUDHU

 on Monday 16 January 2012  



1.Membaca Bismillah, pada permulaan wudhu
    Sabda Rosulullah s.a.w : Berwudhulah kamu dengan membaca nama Allah. Riwayat Abu dawud.
Pada tiap tiap pekerjaan yang penting baik ibadah ataupun lainnya, disunnatkan membaca bismillah.
    Sabda Rosulullah s.a.w : Tiap tiap pekejaan penting yang tidak dimulai dengan bismillah adalah pekerjaan itu kurang berkah.Riwayat Abu Dawud

2.Membasuh kedua telapak tangan sampai kedua buku pergelangan, sebelum berkumur, keterangfannya amal rosulullah s.a.w sendiri yang diriwayatkan oleh Bukhari dan muslim.

3.Berkumur kumur, keterangannya juga perbuatan rosulullah sendiri yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

 4.Memasukkan air ke lubang hidung, beralasan juga pada amal rosulullah s.a.w yang diriwayatkan oleh bukhari dan muslim.

5.Menyapu seluruh kepala, juga beralasan pada amal rosulullah s.a.w yang diriwayatkan oleh bukhari dan muslim.
    Sabda Rosulullah s.a.w : Dari Abdullah bin zaid, sesungguhnya rosulullah s.a.w telah mengusap kepalanya dengan kedua belah tangannya yang dibolak baliknya, dimulai dari atas kepala kemudian disapukannya ke kuduknya kemudian dikembalikannya ketempat semula. Riwayat Jama'ah.
    Sabda Rosulullah s.a.w : Dari Al Miqdam katanya, Rosulullah s.a.w telah diberi air untuk berwudhu lantas beliau berwudhu, maka dibasuh kedua tapak tangannya tiga kali dan mukanya tiga kali, kemudian dimasukkan air ke hidung tiga kali, kemudian disapu kepalanya dan telinganya sebelah luar dan sebelah dalam. Riwayat Abu Dawud dan Ahmad.

6.Menyapu kedua telinga luar dan dalam, keterangannya amal rosulullah s.a.w yang dieiwayatkan oleh Tirmidzi.

7.Menyilang nyilang anak jari kedua tangan dengan cara berpanca dan menyilang nyilangi anak jari kaki dengan kelingking tangan kiri, dimulai dari kelingking kaki kanan, disudahi kelingking kaki kiri, sunat menyilangi jari kalau air dapat sampai diantara anak jari dengan tidak disilangi, tetapi bila air tidak sampai diantaranya melainka dengan disilangi maka menyilangi anak jari ketika itu mandi wajib bukan sunat.
  Sabda Rosulullah s.a.w : Apabilaengkau berwudhu hendaklah engkau silangi anak anak jari kedua tanganmu dan anak jari kedua kakimu. Riwayat Tirmidzi.

8.Mendahulukan anggota kanan dari pada kiri, Rosulullah s.a.w suka memulai dengan anggota yang kanan dari pada anggota yang kiri dalam beberapa pekerjaan beliau. Berkata Nawawi : Tiap pekerjaan yang mulia, baik dari kanan. Sebaliknya pekerjaan yang hina seperti masuk wc hendaklah dimulai dengan kaki kiri.
    Sabda Rosulullah s.a.w : Dari Aisyah r.a, katanya Rosulullah s.a.w suka mendahulukan anggota kanan dalam memakai sandal,bersisir,bersuci dan dalam segala halnya.Riwayat Bukhari dan Muslim.

9.Membasuh tiap tiap anggota tiga kali, terkecuali ketika waktu sembahyang telah hampir habis sekiranya dikerjakan tiga-tiga kali, niscaya waktu akan habis. Dalam hal seperti ini haram tiga-tiga kali tetapi wajib satu kali saja, juga diperlukan benar air untuk minum sedang air tidak mencukupi, maka wajib satu kali saja dan haram tiga kali.

10.Berturut turut antara anggota anggota.

BEBERAPA SUNAT WUDHU 4.5 5 AmBuDik Monday 16 January 2012 1.Membaca Bismillah, pada permulaan wudhu     Sabda Rosulullah s.a.w : Berwudhulah kamu dengan membaca nama Allah. Riwayat Abu dawud....


1 comment:

Powered by Blogger.
J-Theme