• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

PEKERJAAN YANG TERLARANG KARENA HADAS

 on Monday 19 March 2012  






A.Hal-hal yang terlarang karena hadas kecil
  1. Mengerjakan sholat, baik sholat fardu atau sholat sunnah, begitu juga sujud tilawat, sujud syukur dan Khutbah Jumat.  

     Sabda Rosulullah s.a.w:
     Allah tidak menerima sholat salah seorang kamu apabila ia berhadas sehingga ia berwudhu. Riwayat Bukhari dan muslim.
  2. Thawaf, baik thawaf fardu maupun thawaf sunnah.

    Sabda rosulullah s.a.w:
     Thawaf itu sholat, hanya Allah halalkan sewaktu thawaf bercakap cakap, maka barang siapa berkata hendaklah ia tidak berkata melainkan dengan perkataan yang baik. Riwatat Hakim.
  3. Menyentuh, membawa,mengangkat Mas-haf(Quran) kecuali jika keadaan terpaksa untuk menjaganya agar tidak rusak. Umpama menjaganya agar tidak terbakar atau tenggelam, maka dengan keadaan demikian mengambil quran menjadi wajib untuk menjaga kehormatannya.

    Sabda Rosulullah s.a.w:
      Dari Abu bakri bin Muhammad, sesungguhnya nabi besar Muhammad s.a.w telah berkirim surat kepada penduduk yaman. Dalam surat itu disebut beliau klimat. "Tidak harus menyentuh quran melainkan orang yang suci".Riwayat Daruquthni.

       Sebagian ulama berpendapat bahwa menyentuh quran itu tidak ada halangan bagi orang yang berhadas kecil, karena tidak ada dalil yang kuat sedang hadis tersebut tidak sah, menurut penyelidikan mereka, atau mereka tafsirkan makna thahir dalamhadis tersebut, thahir(suci) dari hadas besar begitu juga syat quran yang serupa itu, mereka takwilkan
     
B. Hal hal yang terlarang sebab hadas junub
  1. Sholat, baik fardu maupun sunnat
  2. Thawaf, baik fardu maupun sunnah
  3. Menyentuh, membawa Quran.
  4. Membaca Alquran

    Sabda Rosulullah s.a.w:
      Tidak boleh bagi orang junub dan orang haidh, membaca sesuatu dari pada Al Quran. Riwayat Tirmidzi, Abu Daud dan Ibnu Majah.
       Adapun membaca dzikir dzikir yang tersebut dalam Al Quran, boleh asalkan tidak disengaja memaca Alquran.
          Sebagian ulama berpendapat tidak haram bagi orang junub membaca Alquran, karena tidak ada dalil yang kuat, sedangkan hadis tersebut menurut penyelidikan mereka tidak sah.
  5. Berhenti dalam Masjid
       Firman Allah s.w.t:
    Hai orang orang yang beriman , janganlah kamu hampiri tempat sholat, ketika kamu sedang mabuk, sehinga kamu mengetahuio apa yang kamu katakan, dan janganlah kamu dekati tempat sholat ketika kam sedang junub, kecuali melalui tempat sholat saja, sehingga kamu menjadi lebih dulu. An Nisa' 43.
       Yang dimaksud dengan sholat dalam ayat, tempat sholat dengan qarinah 'abiri sabil', karena yang dapat dilalui hanya tempat sholat itu.
       Yang dibolehkan dalam ayat tersebut hanya melalui tempat sholat. Yang dimaksud dengan tempat sholat ini adalah masjid. Jadi berhenti atau duduk dalam masjid tidak boleh.

      Sabda Rosulullah s.a.w:
    Saya tidak menghalalkan masjid bagi orang orang yang sedang haidh, dan tidak pula bagi orang yang junub. Riwayat Abu Daud

PEKERJAAN YANG TERLARANG KARENA HADAS 4.5 5 AmBuDik Monday 19 March 2012 A. Hal-hal yang terlarang karena hadas kecil Mengerjakan sholat, baik sholat fardu atau sholat sunnah, begitu juga sujud tilawat, s...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme