• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

WUDHU

 on Friday 13 January 2012  

     Perintah wajib wudhu bersamaan dengan perintah wajib sembahyang lima waktu, yaitu satu tahun setengah sebelum tahun hijrah.  
     Firman Allah SWT ; Hai orang orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat hendaklah basuh(cuci) mukamu, kedua tanganmu sampai dua siku dan sapulah kepalamu dan basuhlah kakimu ssampai kedua mata kaki. Al Maidah 6.

 Syarat Syarat wudhu
  1. Islam
  2. Mumayyiz, karena wudhu itu ibadat yang wajib berniat sedang orang yang tidak beragama islam dan orang yang belum mumayyiz tidakdiberi hak untuk niat.
  3. Tidak berhadas besar
  4. Dengan air ssuci menyucikan
  5. Tidak ada yang menghalangi sesampainya air diatras kulit, seperti getah, tatto, dan sebagainya yang  melekat diatas kulit anggota wudhu.
Rukun Wudhu
1. Niat, Hendaklah berniat mengangkatkan hadats
   Sabda Rosulullah s.a.w : Sesungguhnya segala amal itu hendaklah diawali dengan niat. Riwayat Bukhari dan Muslim.
Yang dimaksud dengan niat menurut syara' yaitu kehendak atau sengaja melakukan pekerjaan atau amalkarena tunduk kepada hukum Allah s.w.t
  Firman Allah s.w.t : Tidaklah mereka disuruh melainkan mengabdi menurut periuntah Allah dengan ikhlas beragama kepadanya. Al Bayyinah 5.
2. Membasuh muka, Beralasan ayat (Al Maidah6), batas mukayang wajib dibasuhb adalah dari tempat tumbuh rambut kepala sebelah atas sampai kedua tulang dagu sebelah kebawah, lintangnya,dari telinga ketelinga, seluruh bagian muka yang tersebut wajib dibasuh, tidak boleh ketinggalan sedikitpun, bahkan wajib dilebihkan sedikit agar kita yakin terbasuh semuanya. Menurut qaidah ahli fiqih, sesuatu yang hanya dengandia dapat disempurnakan yang wajib, maka hukumnya juga wajib.
3. Membasuh dua tangan sampai ke siku. Maksudnya siku juga wajib dibasuh. keterangannya juga ada pada ayat Al Maidah.
4.Menyapu sebagian kepala dengan air, walau sebagian kecil sekalipun, sebaiknya tidak kurang dari selebar ubun ubun, baik yang disapu itu kulit kepala atau rambut. Alasanya juga alat tersebut.
5.Membasuh dua tapakkaki sampai kedua mata kak, maksudnya dua mata kaki wajib dibasuh. Keterangannya juga ayat diatas.
6.Menertibkan rukun rukun diatas, selain dari niat dan membasuh muka, keduanya wajib dilakukan bersama sama dan didahulukan dari yang lain.
  Sabda Rosulullah s.a.w : Mulailah pekerjaanmudengan apa yangdimulai oleh Allah s.w.t. Riwayat An Nasai.

WUDHU 4.5 5 AmBuDik Friday 13 January 2012      Perintah wajib wudhu bersamaan dengan perintah wajib sembahyang lima waktu, yaitu satu tahun setengah sebelum tahun hijrah.       ...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme