• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Cara Mencuci Benda Yang Terkena Najis

 on Wednesday 11 January 2012  

          
  Untuk melakukanya maka baiklah diterangkan, bahwa najis terbagi atas tiga bagian :
1. Najis mughalazhah, yaitu anjing . Cara mencuci benda yang kena najis ini, hendaklah dibasuh tujuh kali dari padanya hendaknya air dicampur dengan tanah.
 Sabda Rosulullah s.a.w : Cara mencuci bejana seseorang kamu, apabila dijilat anjing hendaklah dibasuh tujuh kali, air pertama hendaklah dicampur dengan tanah. Riwayat muslim.

2.Najis mukhaffafah, seperti kencing kanak kanak laki laki yang belim makan makanan selain susu. Cara mencuci benda yang kena najis ini, memadai dengan memercikkan air atas benda itu meskipunb tidak mengalir. Adapun kencing kanak kanak perempuan yang belum makan selain dari susu, maka cara mencucinya hendaklah dibasuh sampai mengalir air diatas benda yang kena najis itu, dan hilanglah zat najis dan sifat sifatnya, sebagaimana mencuci kencing orang dewasa.
 Sabda Rosulullah s.a.w : Sesungguhnya ummu qais telah datang kepada Rosulullah s.a.w beserta anak laki laki kecil yang belum makan makanan selain susu, sesampainya didepan Rosulullah s.a.w, beliau dudukkan anak laki laki itu dipangkuan beliau, kemudian dikencinginya, lalu beliau meminta air itu kepada kencing anak laki laki tadi, tidak beliau basuh kencing itu. Riwayat Bukhari dan Muslim.
 Sabda Rosulullah s.a.w : Kencing kanak kanak perempuan dibasuh dan kencing kanak laki laki disiram. Riwayat Tirmidzi.

3.  Najis mutawassithah, yaitu najis yang lain daripada dua macam yang tersebut diatas. Najis ini terbagi atas dua bagian:
  a. Dinamakan najis hukimah, yaitu yang kita yakini adanya tetapi tidak nyata zatnya, baunya, rasanya, dan warnanya, seperti kencing yang sudah lama kering, sehingga sifat sifatnya telah hilang. Cara mencuci najis ini cukup dengan mengalirkan air diatas benda yang kena itu.
  b. Najis 'ainah, yaitu yang masih ada zat, warna, rasa, atau baunya, terkecuali warna atau bau yang sangat sukar menghilangkannya, sifat ini dimaafkan. Cara mencuci najis ini hendaklah menghilangkan zat,rasa, warna dan baunya.



Cara Mencuci Benda Yang Terkena Najis 4.5 5 AmBuDik Wednesday 11 January 2012              Untuk melakukanya maka baiklah diterangkan, bahwa najis terbagi atas tiga bagian : 1. Najis mughalazhah, yaitu anjing . Cara...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme