• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

HUKUM MASBUQ

 on Monday 27 June 2016  

     

Masbuk yaitu orang yang mengikut kemudian, ia sempat membaca fatihah beserta imam di raka'at pertama.

  Hukumnya jika ia takbir sewaktu imam belum ruku' hendaklah ia membaca fatihah sedapat mungkin. Apabila imam ruku' sebelum habis fatihahnya maka hendaklah ia ruku' pula mengikuti imam. Atau di dapatinya imam sedang ruku' maka hendaklah ia ruku' pula. Ringkasnya ia hendaklah menurutkan bagaimana keadaan imam sesudah ia takbiratul ikhram.

  Apabila masbuq mendapati imam sebelum ruku' atau sedang ruku' dan ia dapat ruku' yang sempurna bersama imam, maka ia mendapat satu raka'at, berarti sholatnya itu terhitung satu raka'at. Kemudian hendaklah ditambah kekurangan rakaatnya jika belum cukup sesudah imam memberi salam.

Sabda Rosulullah s.a.w:
"Apabila seorang diantara kamu datang sholat sewaktu kami sujud, maka hendaklah kamu sujud, dan janganlah kamu hitung itu satu raka'at, dan barang siapa mendapati ruku' bersama imam, maka ia telah mendapat satu raka'at." Riwayat Abu Daud.

  Adapun fatihahnya ditanggung oleh imam, ini pendapat Jumhur al-'Ulama. Sebagian ulama yang lain berpendapat: Masbuq tiddak mendapat satu rakaat melainkan apabila ia dapat membaca fatihah sebelum imam ruku'. 
Mereka beralasan hadist
" Bagaimana keadaan imam ketika kamu dapati, hendaklah kamu ikut, dan apa yang ketinggalan olehmu hendaklah kamu sempurnakan." Riwayat Bukhari dan Muslim.

Orang yang lebih berhak menjadi imam ialah yang tersebut dalam hadist berikut.

"Dari 'Uqbah bin'Amri Telah berkata Rosulullah s.a.w: Yang menjadi imam diantara kamu ialah mereka yang terbaik bacaannya, kalau mereka sama bacaannya maka yang terpandai dalam sunnah, kalau kepandaian mereka sama dalam sunnah, dilihat yang lebih dulu berhijrah(ke Madinah), kalau bersamaan pula, dilihat yang lebih tua. Dan janganlah diimamkan seseorang, di tempat kekuasaan laki laki lain(artinya tuan rumah lebih berhak menjadi imam) dan janganlah seseorang duduk di rumah orang lain diatas tikarnya melainkan dengan izin tuan rumah itu." Riwayat Ahmad dan Muslim.

HUKUM MASBUQ 4.5 5 AmBuDik Monday 27 June 2016        Masbuk yaitu orang yang mengikut kemudian, ia sempat membaca fatihah beserta imam di raka'at pertama.   Hukumnya jika ia...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme