• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

HUKUM SHOLAT BERJAMA'AH

 on Monday 27 June 2016  

   
   Sebagian ulama mengatakan sholat berjamaah itu hukumnya adalah fardhu 'ain, sebagian yang lain berpendapat hukumnya adalah fardhu kifayah, dan sebegian pendapat lagi sunnah muakkad. Yang akhir inilah hukum yang layak selain daripada sholat jum'at. Menurut qaidah persesuaian beberapa dalil dalam masalah seperti ini berkata pengarang Nailul Authar : Pendapat yang seadil adil nya dan sehampir hampirnya mendekati benar ialah sholat berjama'ah itu sunnah muakkad.

  Sholat lima waktu bagi laki laki, berjamaah di masjid lebih baik daripada sholat berjamaah dirumah, kecuali sholat sunnah maka dirumah lebih baik. Bagi perempuan sholat yang dirumah lebih baik karena aman bagi mereka.

 Sabda Rosulullah s.a.w:
"Hai manusia sholatlah kamu dirumah kamu masing masing, sesungguhnya sebaik baik sholat ialah sholat seorang dirumahnya terkecuali sholat lima waktu." Riwayat Bukhari dan Muslim.

"Janganlah kamu larang perempuan perempuan ke masjid, walaupun rumah mereka lebih baik bagi mereka untuk ibadah." Riwayat Abu Daud.


Catatan:

1. Sholat berjamaah makin banyak semakin baik.
 
  "Dari Ubaya bin Ka'b berkata: Rosulullah s.a.w telah berkata: sholat seorang laki laki beserta seorang laki laki, lebih banyak ganjarannya daripada ia sholat seorang diri dan sholat seorang laki laki beserta dua orang laki laki lebih banyak ganjaannya daripada ia sholat bersama sama dengan seorang laki laki saja. Dan manakala jama'ah lebih banyak, maka jama'ah itu lebih dikasihi Allah." Riwayat Ahmad, Abu Daud dan Nasai.

2.Masih mendapat kebaikan berjama'ah. bila makmum masih dapat mengikutinya sebelum imam memberi salam akan tetapi makmum yang mengikuti dari mula mula mendapat ganjaran lebih banyak dari makmum yang mengikut kemudian.

3. Imam hendaklah meringkaskan sholatnya, kecuali kalau makmumnya hanya terdiri dari kaum yang terbatas jumlahnya, dan mereka suka diperpanjang.

 Sabda Rosulullah s.a.w:
"Apabila seorang diantara kamu menjadi imam maka hendaklah di ringkaskannya sholatnya, karena manusia itu ada yang tua, kecil, lemah dan ada yang mempunyai keperluan lain, dan apabila seseorang diantara kamu sholat yang sendirian, maka bolehlah ia memanjangkan sholatnya sekehendaknya." Riwayat Bukhari dan Muslim.

HUKUM SHOLAT BERJAMA'AH 4.5 5 AmBuDik Monday 27 June 2016        Sebagian ulama mengatakan sholat berjamaah itu hukumnya adalah fardhu 'ain, sebagian yang lain berpendapat hukumnya adalah f...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme