• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

SEBAB SEBAB SUJUD SYAHWI

 on Wednesday 22 June 2016  


1. Lupa Tasyahud pertama atau lupa qunut.
    Menurut jalan pendapat pendapat yang telah dahulu penjelasannya dalam sunnah yang lebih penting.

"Dari Al Mughirah, telah berkata Rosulullah s.a.w: Apabila salah seorang kamu berdiri sesudah dua raka'at tetapi ia belum sampai sempurna berdiri, maka hendaklah ia duduk kembali(untuk tasyahud awal) dan jika ia sudah berdiri betul maka ia jangan duduk kembali dan hendaklah ia sujud dua kali(sujud syahwi)." Riwayat Ahmad.


2. Kelebihan Raka'at atau ruku' atau sujudnya  sebab lupa.

"Dari Ibnu Mas'ud. Sesungguhnya Nabi s.a.w telah sholat yang zuhur lima raka'at, maka ditanya orang kepada beliau: Adakah beliau sengaja melebihkan sholat beliau? Jawab beliau tidak, mereka yang melihat beliau sholat berkata: Engkau telah sholat lima raka'at. Mendengar keterangen mereka yang demikian maka beliau terus sujud dua kali." Riwayat Bukhari dan Muslim.


3. Karena Syak (ragu) bilangan sholat yang telah dikerjakan
    Seumpama ia ragu apakah raka'at yang sudah dikerjakan tiga atau empat, maka hendaklah ia jadikan bilangan yang yakin, yaitu disini tiga raka'at maka ia tambah satu rakaat lagi serta ia sujud syahwi sebelum memberi salam.

"Dari Ibnu Sa'id Al Khudri, berkata Nabi s.a.w: Apabila salah seorang kamu ragu dalam sholat, apakah ia sudah mengerjakan tiga atau empat, maka hendaklah dihilangkannya keraguan itu dan diteruskan sholatnya menurut yang diyakini, kemudian ia sujud dua kali sebelum salam." Riwayat Ahmad dan Muslim.


4. Apabila kurang raka'at sholat karena lupa.

"Dari Abu Hurairah berkata ia: Telah sholat Rosulullah s.a.w bersama kami ialah salah satu kedua sholat siang (Zuhur atau Ashar), baru dua raka'at beliau sholat lantas beliau memberi salam. Mereka bertanya: Ya Rosulullah adakah di qashar sholatmu atau engkau lupa? Jawab Rosulullah s.a.w: sholatku tidak di Qashar dan saya tidak pula lupa. Mereka menjawab: betul, salah satu terjadi. Lantas beliau menghadap ke kiblat, beliau sholatkan kembali yang kurang itu kemudian beliau memberi salam. Sesudah itu beliau sujud seperti sujud beliau yang biasa atau lebih panjang." Sepakat Ahli Hadist.

    Hukum sujud Syahwi sunnah yang penting, untuk imam dan orang yang sholat sendiri, adapun makmum ia wajib mengikuti imamnya, kalau imam sujud ia wajib pula sujud mengikuti imamnya. Apabila imam tidak sujud ia tidak boleh sujud sendiri. 
    Bacaan sujud syahwi sama dengan bacaan sujud rukun. begitu juga bacaan duduk diantara dua sujud sama dengan bacaan duduk diantara dua sujud yang masuk dalam rukun sholat.

SEBAB SEBAB SUJUD SYAHWI 4.5 5 AmBuDik Wednesday 22 June 2016 1. Lupa Tasyahud pertama atau lupa qunut.     Menurut jalan pendapat pendapat yang telah dahulu penjelasannya dalam sunnah yang lebih...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
J-Theme